Jumat, 05 Agustus 2016

Karmila - Marga T


Judul Buku
:
Karmila
Penulis
:
Marga T.
Penerbit
:
Gramedia
Tahun Terbit
:
1974



Karmila berisi tanggapan tokoh-tokohnya atas kehamilan seorang perempuan karena ditiduri seorang lelaki pada suatu pesta mabuk-mabukan.

Perempuan itu adalah Karmila. Pada bagian pertama dia adalah seorang mahasiswa kedokteran yang mendendam pada lelaki yang menjahanaminya dan pada bayi yang dikandungnya. Dia tak segan-segan bersikap kasar pada dua orang itu. Dia tak ingin menyusui dan bahkan mengurus bayi itu. Dia tak mau menemui lelaki itu walaupun lelaki itu minta diampuni. Baginya, kehamilan itu merenggut hidup darinya. Dia mesti cuti kuliah. Hubungannya dengan pacarnya di luar negeri berantakan. Tapi, dia tak mampu menyingkirkan naluri keibuannya. Pada bagian kedua dia adalah seorang dokter spesialis anak yang berusaha menyingkirkan bayangan mantan pacarnya sambil berusaha mencintai suami dan anak-anaknya. Pada bagian ini dia sudah mencintai suaminya karena rasa cemburunya besar. Seiring waktu Karmila lebih lapang menghadapi nasibnya.

Lelaki itu adalah Feisal. Pada pandangan pertama atas Karmila dia sebenarnya sudah jatuh cinta. Hanya saja pengaruh zat-zat memabukkanlah yang membuatnya nekat membius perempuan itu supaya bisa ditiduri. Karena itu, begitu tahu perempuan itu hamil, dia ingin minta ampun. Berkali-kali dia ditolak perempuan itu tapi dia berkeras untuk bertanggung jawab. Dia bahkan rela diinjak-injak oleh Karmila selama kehamilannya. Namun, karena suatu kesalahpahaman, dia jengah juga berusaha membuat perempuan itu mengampuni dan mencintainya. Hampir saja dia menyerah. Sebenarnya perkosaan Feisal adalah pengejawantahan agresif ketertarikannya pada Karmila sehingga dia berupaya sekuat tenaga meminta ampun pada perempuan itu.

Edo, mantan pacar Karmila, menjadi bayang-bayang bagi pernikahannya dengan Feisal. Pada bagian pertama dia hanya hadir sebagai sosok yang dibincangkan. Dia tinggal di Australia. Pada awalnya kepada dialah Karmila kesengsem sampai-sampai perempuan itu berniat mengejarnya ke negeri seberang itu. Pada bagian kedua dia didatangkan ke hadapan. Hanya saja sudah bukan sebagai dambaan melainkan bayangan yang mengganggu. Kesan pengusik ini makin kental karena Edo bertindak sangat agresif. Dia berkeras untuk tinggal di rumah Karmila padahal sudah disuruh pergi. Dia mendatangi vila mertua Karmila tanpa undangan hanya demi mengejar perempuan yang sebenarnya menghindarinya. Pada akhirnya dia menyerah. Meskipun sempat dikesankan sebagai pengganggu, tidak mungkin tidak Edo menjadi tokoh yang simpatik.

Daud Gurong, bapak Feisal, berperan penting bagi kelangsungan hubungan anaknya dan Karmila. Pertama-tama, dia memintaampunkan Feisal pada Karmila. Dia mendorong Feisal untuk bertanggung jawab pada Karmila dengan cara menikahinya. Saat hubungan anak-mantunya memburuk, dia memberikan nasihat tentang cinta dan keluarga, yang memperbaikinya. Dia bertindak demikian karena sadar akan pengaruh hubungannya dengan istrinya kepada Feisal.
sumber gambar: bukuseni.com
Pengaruh hubungan suami-istri terhadap anak mereka menjadi persoalan lain dalam novel ini. Varian pertama adalah Daud Gurong dengan keluarganya. Dia terlalu sibuk bekerja sehingga istrinya tidak bahagia dan menjadi tante girang bahkan meninggalkannya. Dia menyimpulkan inilah pengaruh utama bagi segala kekacauan Feisal. Dia merasa bersalah atas tindakannya. Inilah juga yang dijadikan bahan nasihatnya pada anaknya saat hampir menyerah menghadapi Karmila. Varian kedua adalah Karmila dengan Feisal dan anak-anaknya. Pada awalnya dia menolak mengurus anaknya karena dia tak menginginkannya. Pada akhirnya dia menerimanya, bahkan sampai memiliki dua anak, Fani dan Tasia. Namun, justru saat itu dia malah menjadi curiga dengan Feisal. Jangan-jangan dia mempertahankan pernikahan mereka hanya demi anak-anaknya, bukan karena benar-benar mencintainya. Ini menjadi pendorong Karmila untuk meninggalkan keluarga kecilnya. Untung saja kesalahpahaman ini teratasi. Hal ini ditunjukkan lewat hubungan antara Feisal dan orang tuanya, dan Karmila dan anak-anaknya.

Di sela-sela semua ketegangan itu hadir obrolan-obrolan santai penuh guyon. Pelakunya kebanyakan adalah Karmila dan rekan-rekan kerjanya di rumah sakit. Topiknya meliputi pasien, mahasiwa praktik, sampai kehidupan pribadi masing-masing. Karena sama-sama tahu masa lalu percintaan Karmila, beberapa rekan kerja menawarkan jasa pembunuh bayaran untuk membunuh Feisal. Karmila dan anak-anaknya pun sering bercanda bersama. Yang agak mengejutkan adalah bercandaan Karmila dan Feisal. Kadang mereka berolok-olok tentang hubungan mereka, bahkan sampai tentang perselingkuhan atau perceraian. Selain itu, mereka bercanda tentang bacaan. Secara pribadi saya suka guyonan mereka tentang Intisari. Majalah itu habis-habisan diledek. Guyonan itu benar-benar menyegarkan karena bahkan tokoh yang paling serius pun tak kelewatan membikinnya.

Novel ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi masa Karmila belum menikah. Bagian kedua berisi masa setelah Karmila menikah. Secara umum, suasana bagian pertama adalah tegang, sedangkan di bagian kedua ada campuran antara tegang dan guyon. Wajar. Pada bagian pertama masalahnya benar-benar tampak di permukaan: Karmila hamil di luar kemauannya. Pada bagian kedua masalah itu lebih terselubung, sebagaimana Edo hanya menjadi bayang-bayang bagi pernikahan Karmila dan Feisal. Hanya saja pada bagian dua ada peristiwa yang terasa dipaksakan hanya demi mengintenskan persoalan hubungan Karmila dan Feisal: kehadiran Amalia, seorang perempuan yang mengaku saudara jauh Feisal padahal bukan, yang membuat Karmila cemburu berat. Sayang sekali, meskipun bagian kedua lebih kaya akan suasana, akhir bagian ini diacak-acak oleh peristiwa yang menimbulkan anti-klimaks, berbeda dari bagian pertama yang mencapai klimaks walaupun suasananya begitu-begitu saja.

Karmila berisi ketegangan orang-orang yang berusaha berlapang dada menghadapi nasib yang dihempaskan padanya dengan selingan obrolan-obrolan santai penuh guyon. Sayangnya, keseimbangan antara yang tegang dan yang santai itu digoncangkan oleh suatu peristiwa yang justru membuatnya menjadi anti-klimaks.

2 komentar:

  1. Share donks admin bagian2 nama novel nya karena sulit d dapat, e book jg susag, video jg tak ada

    BalasHapus
  2. Sepakat dengan komentar admin..pernah 2x punya novelnya, tapi selalu raib setelah dipinjam. Sangat senang dan bersyukur jika admin berkenan berbagi novel Karmila.

    BalasHapus