Jumat, 20 Januari 2017

Crap! I'm Broke (Out of Pocket) - Arcane Circus


Judul Gim
:
Crap! I’m Broke (Out of Pocket)
Genre
:
Manajemen waktu dan mini games
Platform
:
Android
Pengembang
:
Arcane Circus
Tahun Rilis
:
2016




Premis Crap! I’m Broke (Out of Pocket) sederhana: jangan sampai kelaparan dan jangan sampai terlilit utang.

Kamu berperan sebagai seorang pemuda yang tinggal sendiri. Dalam pada itu, kamu harus bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri, yakni makan dan bayar tagihan. Tagihan rutin tiap bulan adalah 300 dollar. Tapi, selain itu, tagihan-tagihan lainnya bervariasi. Kadang hanya beberapa dollar kadang bisa sampai ratusan dollar. Jatuh tempo pembayaran tagihan itu adalah satu bulan. Kalau telat, kamu akan diberi peringatan pada bulan berikutnya. Tapi, peringatan itu hanya berlaku satu bulan. Kalau bulan berikutnya kamu telat lagi, permainan berakhir. Meskipun demikian, kadang kamu juga mendapatkan dana tambahan. Bisa jadi berupa hadiah dari orang tuamu atau dari sumber-sumber lain. Sementara itu, taraf kelaparanmu akan berkurang seiring waktu. Kalau taraf kelaparanmu mencapai titik nol, permainan langsung berakhir. Ya, ini adalah gim tentang pemenuhan kebutuhan.

Untuk mengatasi kelaparan kamu punya dua pilihan: membeli makanan yang menunya ada di dalam kulkas di rumahmu atau membeli cemilan di toko yang ada di jalanan. Harga dan mengenyangkannya bervariasi.
Untuk mengatasi tagihan-tagihan kamu disodorkan beberapa pekerjaan. Yang pertama-tama membuka lowongan pekerjaan adalah jasa cuci piring dan restoran burger. Kalau ingin mendapatkan pekerjaan lain, kamu harus membeli semacam kupon yang tersedia tiap awal bulan di internet, pada fase yang sama dengan fase perincian tagihan bulan itu. Kalau kupon itu dibeli, suatu lowongan pekerjaan akan terbuka pada bulan itu. Tapi, kalau bulan berikutnya tidak dibeli, lowongan pekerjaan itu akan tertutup lagi. Baru setelah membeli beberapa kali kupon tersebut, lowongan pekerjaan itu akan terbuka tanpa kamu harus beli-beli kupon lagi. Pekerjaan yang kemudian tersedia adalah tampil seni pentas (performance art), kerja di pabrik kaleng, penjaga pintu (bouncer) bar, dan bartender. Perlu diingat bahwa sekalipun semua pekerjaan itu telah tersedia, bukan berarti pekerjaan-pekerjaan itu akan selalu menyediakan lowongan. Kadang pada suatu ketika hanya dua tempat kerja saja yang menyediakan lowongan pekerjaan. Barulah setelah pekerjaan-pekerjaan itu dilakukan, tempat kerja lain membuka lowongan. Kadang pada suatu ketika kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi ‘Pegawai Bulan Ini’. Kalau sudah begini, kamu akan mendapatkan tantangan yang spesifik, misalnya mencuci sekian piring atau menyortir sekian kaleng.

Kalau kamu berhasil mengumpulkan dana tagihan sebelum waktu satu bulan habis –indikatornya berbentuk jam, waktu yang tersisa itu akan dialokasikan ke dalam takaran waktu senggang. Begitu takaran waktu senggang itu penuh, suatu mini game lain akan terbuka. Untuk memainkannya kamu tidak perlu memakai waktu satu bulan itu. Jadi, kalau kamu memainkan mini game itu waktu serasa berhenti, sebagaimana kalau kita mengisi waktu senggang kita bukan dengan kerja.
Kamu pun bisa memiliki resolusi tahun baru tiap tahun. Resolusi itu baru bisa diwujudkan tiap akhir tahun kalau kamu memiliki cukup dana. Resolusi itu sendiri dipilih tiap awal tahun. Ada enam resolusi. Dari yang paling lazim, seperti pulang kampung, sampai yang musykil, seperti liburan ke bulan. Tiap kali resolusi itu terwujud suatu foto kenangan akan terbuka. Foto ini bisa kamu lihat lagi di menu ‘Memories’ di menu utama. 

Tentang menu kupon internet itu, selain membeli kupon lowongan pekerjaan, di situ juga ada bermacam-macam barang yang bisa kamu beli. Barang-barang ini bisa membantu efisiensi kerjamu. Misalnya, sepatu yang mempercepat lari jagoanmu sehingga memangkas waktu transportasi dari rumah ke tempat kerja, kupon kebugaran yang menghambat kelaparan, kupon motivasi kerja yang meningkatkan kemungkinan tersedianya lowongan pekerjaan, dst..
Secara umum Crap! I’m Broke (Out of Pocket) adalah gim manajemen waktu atau lebih tepatnya melawan waktu. Dalam waktu yang terbatas kamu harus mengusahakan supaya kamu memiliki cukup uang untuk bayar tagihan dan beli makanan supaya tidak mati kelaparan dan terjerat utang. Karena jam kerja dan gaji tiap pekerjaan berbeda, dan jarak tempat kerja dan rumah berbeda, kamu didesak untuk cermat memilih pekerjaan. Yang paling ideal tentu saja pilih pekerjaan yang bergaji paling tinggi, seperti jadi bartender atau bouncer. Tapi, pekerjaan-pekerjaan itu lokasinya jauh dari rumah dan hanya kadang-kadang saja menyediakan lowongan. Kebalikan dari itu, cuci piring dan masak burger lokasinya sangat dekat dari rumah tapi gajinya kecil dan jam kerjanya lama. Untung saja, ada trik untuk mengakali jam kerja. Kamu masuk ke suatu pekerjaan lalu langsung keluar lagi. Dengan demikian, lowongan pekerjaan lain akan tersedia. Inilah yang kemudian menegaskan bahwa sekalipun ini adalah gim tentang pekerjaan yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita, ini adalah tetap gim. Kalau di dunia nyata, keluar-masuk pekerjaan seperti itu akan membuat kita di-blacklist. Meskipun demikian, kadang ada tektok. Misalnya, kamu masuk ke cuci piring. Saat keluar, masak burger tersedia. Lalu, saat keluar dari masak burger, yang tersedia adalah cuci piring. Begitu terus sampai lowongan pekerjaan lain tersedia. Sekalipun bartender dan bouncer sudah terbuka, kemungkinan tersedia lowongan pekerjaannya kecil. Jadi, saya memilih jalan tengah, yakni kerja pabrik dan seni pentas.

Cara memainkan tiap pekerjaannya sangat pas dengan kontrol yang tersedia bagi Android. Usap dan ketuk. Untuk mencuci piring kamu hanya perlu mengusap-usap layar sampai noda di piring hilang. Untuk memasak burger kamu hanya perlu mengetuk burger yang beterbangan begitu si jagoan mengangkatnya dari penggorengan. Jadi, lebih ke ketepatan waktu mengetuk, sebagaimana juga cara memainkan seni pentas. Pentasmu adalah jadi patung yang menjaga keseimbangan. Ada indikator yang menunjukkan kecondonganmu. Kalau terlalu condong ke kiri, kamu tinggal mengetuk dan memencet daerah sebelah kanan sampai indikator mencapai keseimbangan. Cara memainkan kerja di pabrik berbeda lagi. Kamu harus menyortir dua jenis kaleng. Yang satu adalah kaleng hijau tua dan satu lagi kaleng hijau muda. Kamu harus memasukkan kaleng itu ke dalam tong yang berwarna sama sebelum kaleng-kaleng itu jatuh dari rantai-berjalan. Kalau kamu bekerja menjadi bouncer, kamu harus menyaring orang-orang yang mau masuk ke bar. Kamu akan ditunjukkan dresscode. Barangsiapa yang tidak sesuai dengan dresscode harus diusir. Sebaliknya, barangsiapa yang sesuai dipersilakan masuk. Cara memainkannya sederhana: untuk mengusir kamu hanya perlu mengusap ke kiri layar dan untuk mempersilakan kamu hanya perlu mengusap ke kanan layar. Cara bermain jadi bartender mirip dengan menjadi bartender sungguhan. Kamu harus meracik minuman. Formula minuman itu ditampilkan dalam bentuk-bentuk geometri: kotak, bulat, segitiga, bintang, belah ketupat. Kamu hanya perlu mengetuk bentuk yang sesuai dengan pesanan pelanggan. Cara memainkan pekerjaan-pekerjaan itu sangat sederhana.

Cara bermain yang asyik dan konsep umum yang akrab dengan kehidupan sehari-hari itu diperkuat oleh desain artistik yang mantap. Komposisi warna gim ini sangat memanjakan mata. Kita ambil contoh palet tempat kerja: cuci piring kuning, memasak burger merah, seni pentas abu-abu, kerja pabrik hijau, bouncer ungu, dan bartender jingga. Bentuk-bentuknya pun artistik. Nyaris kotak-kotak seperti gaya kubisme. Dan jangan lupa selama menyiasati tagihan dan kelaparan kita diiringi oleh lagu jazz.
Lebih jauh lagi, Crap! I’m Broke (Out of Pocket) memberikan gambaran tentang kegilaan kesibukan kerja. Hidupmu seakan-akan hanya untuk menyelesaikan kerja, membayar tagihan, dan mengganjal perut. Kamu didesak untuk memilih pekerjaan yang bergaji besar dan menyepelekan pekerjaan bergaji kecil. Kamu didesak untuk menumpuk uang demi bisa mewujudkan resolusi tahunan. Kamu didesak untuk secepat mungkin mendapatkan uang supaya bisa surplus uang dan surplus waktu sehingga kamu punya kesempatan untuk menikmati waktu senggang. Pekerjaan-pekerjaan yang tersedia pun mengisyaratkan hirarki. Cuci piring dan memasak burger adalah kerja kasar yang bergaji rendah. Kerja-kerja di bar adalah kerja elit sekalipun hanya jadi bouncer dan bartender. Yang agak menyimpang adalah kerja seni dan kerja pabrik. Dua pekerjaan itu tidak terlalu prestisius tapi juga tidak terlalu murahan. Semua kegilaan kesibukan itu, yang mungkin akan terasa muram kalau disajikan dengan cara lain, terasa kocak karena desain artistik dan cara memainkannya.

Crap! I’m Broke (Out of Pocket) adalah gim yang menertawakan kegilaan kesibukan para pekerja outsource dan absurditas kepemilikan modal sehingga saat memainkannya kita tidak henti-hentinya mengumpat ‘Crap!’ sambil tersenyum Karyamin saking akrabnya apa-apa yang ditampilkan di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar